Halo Hauliners dalam beberapa tahun
terakhir ini publik Indonesia diramaikan dengan adanya banyaknya bus-bus
chassis premium yang membanjiri pasar Indonesia seperti Mercedes Benz OH1830, Mercedes Benz OH836,
Mercedes Benz OH 2542, Scania K310,
Scania K360, Scania K380, Scania K410, serta MAN R37 dll.
Seiring dengan perkembangan jaman
yang begitu pesat dan juga modernitas transportasi yang semakin cepat. Bus berkonfigurasi
quade axle juga berkembang pesat khususnya di pasar Amerika Latin karena di
negara-negara tersebut banyak menggunakan bus berkonfigurasi quade axle, bus
berkonfigurasi 4 axle banyak keuntungan adalah salah satunya bus bisa dibuat
lebih besar karena dengan axle yang lebih banyak tentunya bisa menanggung beban
lebih berat, otomatis bus menampung lebih banyak penumpang.
Berikut ini kami akan bahas bus berkonfigurasi
4 axle yang beredar :
MERCEDES
BENZ O 500 RSD 2741 8X2
angka 8×2 merepresentasikan bus ini mempunyai 8 titik roda, empat di kanan dan empat di kiri untuk menopang tubuh bongsornya. Sedangkan Penggeraknya ada pada sepasang axle di roda belakangnya.
Mercedes-Benz O500 RSDD 2741 8×2 menyandang mesin MB OM 467 LA, enam silinder vertikal dengan turbo intercooler, 11.967 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 300 Kw pada 2000 rpm dan torsi maksimum 1900 pada 1100 rpm.
VOLVO B430R 8X2
salah satu pabrikan lain dari Eropa adalah Volvo. Volvo mengeluarkan chassis Volvo B430R 8x2. Chassis
ini ditenagai oleh mesin diesel
Volvo seri D11A, dengan unit injeksi independen,
6-silinder, 4 katup per silinder, overhead camshaft, turbocharged, Intercooler,
Chasis bus ini juga sudah dilengkapi sensor pemadam api secara otomatis.
Selain dibekali dengan beragaman teknologi yang bermutakhir
dengan mengaplikasikan sistem rem cakram pada semua sumbu masih didukung juga oleh
sistem EBS yang mencakup 5 fungsi yaitu :
·
ABS (Anti-lock Bracking Sistem)
·
ASR (Peraturan Slip Kecepatan)
·
Pil otonomi
·
Pengereman cerdas (retarder
/ VEB + layanan Reindeer secara bersamaan)
·
Bantuan pengereman darurat
·
Sistem bantuan di awal ( HSA
)
SCANIA K410
scania juga ikut meramaikan pasar tersebut dengan
meluncurkan Scania K 410 versi 8×2, angka 41 adalah merepresentasikan 410 horse
power, tenaga maksimum yang bisa dihasilkan oleh mesin bus ini untuk
melaju di jalan raya. angka 8×2 merepresentasikan bus ini mempunyai 8
titik roda, empat di kanan dan empat di kiri untuk menopang tubuh bongsornya.
Sedangkan Penggeraknya ada pada sepasang axle di roda belakangnya.
Scania K410 8x2 menyandang mesin Scania seri
DC 13 , enam silinder vertikal dengan turbo
intercooler, 13.000 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 410
HP @ 1900 rpm dan torsi maksimum
2000 nm @1000-1350 rpm. Transmisi menggunakan GEARBOX GR875R, 8-speed
Scania Opticruise.
Selain itu juga chassis scania dibekali juga fitur
- fitur seperti Independent front
suspension , dan air suspension. Safety juga sangat diperhatikan dengan
penyematan Electronic Braking System (EBS), Electronic Stability
Programme (ESP), Scania Retarder and Traction Control (TC) .
Demikian dengan adanya tulisan ini mudah-mudahan dapat
bermanfaat demi kemajuan transportasi di Indonesia
Salam Haulin Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar