Senin, 15 Februari 2016

SANG LEGENDARIS MEGATREND







Megatrend adalah sebutan  untuk Bus KAP (Kurnia-Anugerah-Pusaka) Group Aceh yang bermesin Mercedes Benz OH 2628 dan OH 1634 L Mesinnya berkonfigurasi V8  Twin Turbo dan dilengkapi  Airsuspension,  ABS dan  Retarder , diapakai untuk trayek Medan – Banda Aceh untuk kelas Executive dan Super Executive  KAP Group mempunyai 28 jenis Bus ini.

Sasis dan mesinnya diimpor pada tahun 1995  (makanya di Bodinya ditulis "Bus Pertama di Indonesia, Air Suspension, Retarder+ABS system) dan dipakein baju Setra RS 0405 (Rahayu Sentosa) tapi sekarang udah pada ganti baju, ada yang New Evolution, Evo G punya RS malah ada yang karoseri Cipta Karya. totalnya ada 28 Unit.


Namun unit yang termasuk langka di Indonesia ini mendapat gempuran dari junior-junior nya yaitu O500R 1836 dan OC500RF 2542.

Untuk OC500RF sendiri kini menjadi primadona baru bagi pengguna bus lintasan Medan – Banda Aceh. Bus Kurnia selaku pemakai pertama dari seri C500RF 2542 banyak sekali diminati oleh Bismania. Untuk menghadapi nya, Megatrend kini banyak yang sudah “berganti baju”. Mulai dari Skybus Laksana hingga Skyliner nya Rahayu Santosa.
Menurut sang Owner, Megatrend yang sudah memasuki umur ke -19 tahun sudah berganti baju untuk yang ketiga kali nya.
Sekedar diketahui, Megatrend adalah bus pertama di Indonesia yang memakai Air Suspension dan ABS+Retarder. Kini bus yang melegenda ini sudah kritis, susahnya mendapat suku cadang membuat bus ini sering rusak. Bagaimana tidak lebih dari 3 Juta KM sudah dilalui oleh mesin ini.
Memiliki suspensi super empuk dan isi silinder lebih besar dari Scania, Overhang depan hampir sama panjang dengan O500R 1836.

Dengan demikian tulisan ini yang kami kutip dari www.bismania.com dan , semoga bermanfaat dan http://muammalrizki.blogspot.co.id/tercerahkan

Salam Haulin Indonesia 


               http://bismania.com 
Poskan Komentar